Jumat, 01 Agustus 2008

MENGAKSES FILE YANG ADA DI SERVER SSH MENGGUNAKAN FILE MANAGER

Pada artikel yang lalu, saya sudah membahas tentang cara mengcopy file dari server SSH ke client SSH. Namun, mungkin cara yang dibahas terlalu sulit untuk pemula karena anda harus menggunakan terminal yang lumayan kurang familiar bagi pemula.

Jika anda ingin mengakses file yang ada di server SSH semudah mengakses isi flashdisk, anda sebenarnya bisa memanfaatkan file manager Nautilus dan Konqueror yang memang menjadi file manager default yang ada di desktop GNOME, KDE. Bagaimana caranya? berikut penjelasannya.

Nautilus (GNOME)

Pada desktop GNOME, klik menu Places lalu klik Connect to Server. Isi kotak teks “Server” dengan alamat atau nomor IP dari server SSH yang ingin diakses dan isi juga user yang ingin anda login pada kotak teks “User Name”. Setelah itu, klik tombol Connect.


Sekarang, anda bisa mengakses server SSH melalui menu Places >> Server SSH yang ingin dibuka (Anda harus menjawab password dari user yang ingin anda login terlebih dahulu).


Konqueror (KDE)

Untuk Konqueror, caranya lebih sederhana. Yaitu, anda tinggal ketik “fish:///user@server_ssh” pada address bar dan tekan tombol Enter. Setelah itu, anda harus menjawab password dari user terlebih dahulu dan anda sekarang bisa mengakses file yang ada di server SSH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar