Senin, 01 September 2008

LOGIN SECARA OTOMATIS

Pada saat pertama kali menghidupkan komputer menggunakan Linux, anda akan ditanya mengenai user id beserta password anda terlebih dahulu agar sistem bisa mengenali siapa pemakai dari komputer dan apakah dia berhak menggunakannya.

Namun, jika anda tidak suka dengan namanya login, anda bisa menonaktifkannya. Lalu bagaimana caranya? Baiklah, disini saya bahas. Pembahasan disini akan dibahas menjadi dua bagian, yaitu bagi anda yang menggunakan display manager GDM (Biasanya jika anda menggunakan distro berbasis desktop GNOME) atau jika anda menggunakan display manager KDM (Biasanya jika anda menggunakan distro berbasis desktop KDE).

GDM

Pada desktop GNOME, anda bisa klik menu System, lalu pilih menu Administration dan klik menu Login Window. Atau jika menggunakan console, anda bisa ketik perintah berikut (Ingat, tanda pagar berarti anda menjalankan perintah dibawah menggunakan mode super user / root) :

# gdmsetup

Ketik password root untuk verifikasi. Setelah muncul jendela “Login Window Preferences”, klik pada tab Security. Lalu beri tanda centang pada “Enable Automatic Login” dan ketik user yang akan di-login secara otomatis pada kotak dibawahnya. Setelah itu, klik Close. Anda bisa mncoba me-restart komputer dan melihat perubahannya.

KDM

Jika anda menggunakan distro terbaru seperti Kubuntu 8.04, anda bisa klik menu K | System Settings, lalu pilih tab Advanced dan klik pada Login Manager. Sedangkan jika anda menggunakan distro agak lawas seperti Debian etch, anda bisa klik menu K | Control Center, lalu pilih bagian System Administration dan klik Login Manager.

Pada jendela tersebut, klik pada Administration Mode dan ketik password root untuk verifikasi. Lalu klik pada tab Convience, beri centang pada “Enable Auto Login” dan pilih user yang akan di-login otomatis pada pilihan user. Setelah itu, klik Apply untuk menerapkannya. Anda bisa me-restart komputer untuk melihat perubahannya.

3 komentar:

  1. klo cuma klo buat hak akses ke hardisk supaya sekali kita login pas masuk linux gmn tu mas..??
    hehehe..mohon pencerahannya..:D

    BalasHapus
  2. mau dimount otomatis dari awal, edit /etc/fstab aja...

    BalasHapus