Senin, 01 September 2008

KUBUNTU, DISTRO UNTUK ANDA YANG TERBIASA DENGAN MICROSOFT WINDOWS

Jangan salah sebut, distro yang satu ini berbeda dengan Ubuntu dimana distro ini menambahkan huruf “K” sebelum kata Ubuntu. Distro turunan Ubuntu ini menambahkan embel – embel K yang berarti menggunakan desktop KDE.

Desktop KDE memang sangat lengkap dan sangat ramah terutama untuk anda yang terbiasa dengan Microsoft Windows. Karena dari segi istilah dan tata letak yang hampir sama yang membuat pengguna Microsoft Windows tidak perlu lagi menyesuaikan diri terlalu lama.

Untuk mendapatkan Kubuntu, anda bisa mendownload file ISO nya dari http://www.kubuntu.org. Untuk CD Gratis, anda juga bisa mendapatkannya melalui https://shipit.kubuntu.org. Anda harus mendaftarkan diri ke Launchpad (http://launchpad.net) secara gratis agar bisa menggunakan layanan ini.

Setelah anda mendapatkan Live CD-nya, anda bisa mencoba terlebih dahulu distro ini dengan cara booting ke CD Kubuntu dan memilih menu “Try Kubuntu”. Setelah beberapa saat, anda akan bertemu dengan desktop Kubuntu seperti pada gambar dibawah ini :

Kesan pertama dari Kubuntu adalah warnanya serba biru muda yang membuat anda terasa sejuk menggunakan desktop ini. Tidak seperti Ubuntu yang memiliki kesan coklat, rasanya gersang kalau memakainya pada saat hari yang sedang panas :-) Panel pada Kubuntu juga sangat ringkas yaitu hanya berada di bagian bawah desktop. Tidak seperti Ubuntu yang secara default memiliki dua buah panel, atas dan bawah. Menu berlambang K pada pojok kiri bawah merupakan menu utama yang berisikan daftar aplikasi serta berbagai aksi untuk sistem, seperti layaknya menu Start pada Windows.

Aplikasi yang disertakan Kubuntu berbeda dengan Ubuntu karena aplikasi Kubuntu merupakan aplikasi untuk desktop KDE. Namun, anda masih bisa menjalankan aplikasi yang ada pada Ubuntu pada distro ini. Aplikasi yang sudah ada di Live CD sudah sangat cukup untuk keperluan Internet, Office serta kebutuhan Grafis sederhana. Uniknya, hampir semua software di Kubuntu menggunakan embel – embel K seperti Kget, Konqueror, Kopete, AmaroK, Kafeine, dll.

Untuk pengaturan desktop dan administrasi sistem, Kubuntu menyediakan Control Center yang terintregasi melalui menu K | Control Center. Control Center ini memiliki kesan seperti Control Center yang ada di Mac OS. Desktop KDE pada Kubuntu sangat mudah di modifikasi karena pengaturannya yang sangat mendetail.

Jika ingin software tambahan, anda bisa menggunakan repository yang digunakan oleh Ubuntu karena distro Kubuntu masih satu keluarga dengan Ubuntu. Yang penting, pastikan bahwa anda menggunakan repository dari Ubuntu yang versinya sama dengan versi Kubuntu yang anda gunakan.

1 komentar:

  1. Mas, saya baru dapet yang baru (9.10), saya baru menggunakan kubuntu. Enga tau cara menambah repo lokal (kambing.ui atau ugm) mas tau enga carannya

    BalasHapus