Rabu, 30 Juli 2008

TRIK MEMPERCEPAT KINERJA UBUNTU YANG DI-INSTALL MELALUI WUBI

Karena Ubuntu yang di-install dengan WUBI terikat dengan partisi Windows, maka performa dari Ubuntu sedikit lebih rendah jika dibandingkan di-install ke dalam partisi baru. Apalagi, hal ini diperparah dengan partisi Windows yang sering terfragment, jadi membuat performa Ubuntu lebih menurun lagi dan kadang – kadang bisa membuat hank.

Untuk mengatasi hal ini, anda tidak cukup untuk melakukan disk defragmenter pada drive tempat installasi secara keseluruhan. Anda juga harus melakukan defragment pada folder “ubuntu” di dalam drive tempat installasi yang merupakan tempat anda menyimpan sistem operasi Ubuntu. Untuk melakukan hal ini, anda bisa menggunakan tools bernama Jkdefrag. Anda bisa mendownloadnya dari http://www.kessels.com/JkDefrag/

Setelah program yang berbentuk zip didapat, extract atau unzip terlebih dahulu zip tersebut ke suatu folder. Misalkan C:\jkdefrag. Setelah itu, lakukan defragment pada folder installasi (Misalkan : D:\ubuntu) dengan membuka Run (Start | Run) dan mengetik perintah berikut :

C:\jkdefrag D:\ubuntu

Setelah itu, program Jkdefrag akan melakukan defragment pada folder D:\ubuntu. Tunggu sampai proses ini selesai. Semoga performa Ubuntu yang di-install melalui WUBI bisa lebih cepat daripada sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar