Selasa, 29 Juli 2008

MENGHILANGKAN MICROSOFT MINDED

Microsoft Minded adalah suatu istilah bagi seorang pengguna komputer yang sudah terbiasa menggunakan software maupun aplikasi dari Microsoft seperti Windows, Word, Excel, PowerPoint, Outlook, IE, dsb. Sehingga, pengguna tersebut merasa malas untuk mencoba aplikasi lainnya yang sejenis atau merasa mengeluh menggunakan aplikasi alternatif.

Awal terjadinya Microsoft Minded adalah sejak dirilisnya sistem operasi Microsoft Windows 95 yang merupakan sistem operasi paling mudah digunakan saat itu pada arsitektur komputer yang murah dan umum digunakan (x86). Walaupun ada sistem operasi lain yang menggunakan arsitektur x86, Namun sistem operasi tersebut tidak memiliki strategi marketting yang bagus serta masih sangat sulit digunakan oleh para pengguna pemula.

Beberapa tahun kemudian, setelah beberapa versi terbaru dari Microsoft Windows dirilis. Para pengguna mulai ramai - ramai untuk mengupgrade sistem operasinya ke versi Windows yang paling baru dan tidak melihat bahwa sistem operasi lainnya semakin berkembang dan lebih mudah digunakan.

Hal itu membuat pengguna komputer sangat banyak menggunakan Microsoft Windows dan terbiasa menggunakan sistem operasi tersebut. Tidak hanya Microsoft Windows, para pengguna-pun juga terbiasa menggunakan aplikasi "ngetrend" yang berjalan di bawah Windows. Jika mereka diberikan alternatif lain seperti sistem operasi Linux, maka mereka akan mengeluh dengan alasan aneh, tidak biasa, dan alasan lainnya yang sebenarnya bukan penghambat untuk bekerja menggunakan sistem operasi tersebut. Ada juga yang beralasan bahwa sistem operasi Linux sering hang, lambat, tidak nyaman di mata yang merupakan alasan basi bagi orang yang mau mencoba dan mau membiasakan diri

Mengapa kita perlu menghilangkan prinsip Microsoft Minded? alasan utamanya adalah karena para Microsoft Minded akan selalu berusaha mencari sistem operasi Microsoft Windows yang berbayar dan memiliki lisensi yang ketat. Jika mereka tidak memiliki dana, mereka akan mencarinya dengan cara apapun termasuk cara yang tidak halal (membajak). Ini tentunya merupakan pelanggaran hak cipta yang besar dan membuat rugi para pembuat software.

Berikut adalah tips sederhana untuk menghilangkan prinsip Microsoft Minded :

  • Hilangkan prinsip membajak itu sah - sah saja
  • Hilangkan prinsip bahwa tiada OS selain Windows
  • Hilangkan prinsip bahwa aplikasi yang biasa digunakan di komputer tidak memiliki alternatifnya
  • Belajar untuk mencoba menggunakan software alternatif
  • Belajar untuk membiasakan diri menggunakan software alternatif
  • Jika terdapat masalah, biasakan untuk bertanya ke orang lain. Jangan jadi pendiam.
Jika anda mengikuti tips di atas, dijamin anda tidak akan menjadi Microsoft Minded serta anda tidak akan merasa mengeluh menggunakan software alternatif selain software komersial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar