Jumat, 11 Juli 2008

DISTRO LINUX

Distro (atau distribusi Linux) merupakan sekumpulan software, aplikasi, dan pustaka yang digabung menjadi satu dengan kernel (dasar sistem) Linux. Saat ini, terdapat ratusan distro yang hampir semuanya tersedia gratis dan bebas pakai. Ini dikarenakan, karena kernel Linux adalah Open Source, jadi siapa-pun berhak mengembangkannya. Tidak seperti di Windows, hanya terdapat sebuah distro saja yang berasal dari Micrososft seperti Microsoft Windows 98, Windows Xp, Windows Vista, dsb.

Distro tersebut tidaklah semua sama, setiap distro memiliki segmentasi pasar dan kelebihan, kekurangan masing – masing. Nah, jika anda bingung memilih distro yang tepat bagi anda. Silahkan ikuti artikel dari saya ini.

Distro – distro yang akan dibahas disini akan dibagi menjadi empat macam berdasarkan segmentasi pasarnya : Distro untuk pengguna Linux yang baru atau baru yang mengenal komputer, Distro untuk yang sudah pernah menggunakan Linux atau sudah pernah menggunakan komputer, Distro untuk pengguna yang sudah ahli menggunakan Linux, dan distro – distro Khusus. Tidak semua distro akan dibahas disini, namun disini akan dibahas distro top saja.

DISTRO UNTUK PENGGUNA LINUX YANG BARU

Berikut adalah beberapa syarat dari distro Linux untuk pengguna Linux yang baru :

  • Memiliki kemampuan pendeteksian Hardware yang lumayan baik. Dan mungkin, ditambah dengan patch driver yang bersifat proprietary (dikembangkan tertutup) seperti beberapa driver WLAN, Winmodem (Modem Internal), VGA Card, dsb.

  • Memiliki kemampuan memutar file multimedia yang saat ini terkenal (seperti : mp3, ogg, mpeg, dsb.). Jika format tersebut tidak bisa disertakan secara default karena masalah lisensi, paling tidak distro tersebut mempermudah penggunanya dalam melakukan installasi atau disediakan dokumentasi yang lengkap untuk melakukan installasi beberapa format proprietary tersebut.

  • Installasi yang sangat mudah dan berbasiskan GUI. Dan mungkin, bisa diinstall dari LiveCD setelah selesai mencoba dan puas menggunakan LiveCD tersebut.

  • Mampu menyembunyikan informasi yang tidak penting bagi pengguna, biasa pesan informasi ini muncul pada saat melakukan booting.

  • Memiliki aplikasi yang lengkap untuk pengguna komputer sehari – hari seperti Office, Grafis, Internet, Multimedia, Game, dsb.

  • Memiliki banyak aplikasi tambahan untuk aplikasi yang tidak essensial, namun mungkin dibutuhkan oleh beberapa pengguna.

  • Datang dengan versi aplikasi yang cukup baru untuk digunakan.

  • Memiliki front-end manajemen paket yang mudah, sehingga pengguna bisa menambah, menghapus, mengupgrade aplikasi secara mudah.

  • Memiliki frekuensi rilis yang masuk akal (tidak terlalu cepat, tidak terlalu lama) misalnya : 6 bulan atau 1 tahun.

Berikut merupakan beberapa Distro yang memenuhi syarat di atas. Distro dibawah ini ada yang bebas digunakan / gratis didownload dan ada juga yang berbayar :

  • Linspire (berbayar, http://www.linspire.com) Distro ini memang dikhususkan untuk pengguna desktop dengan beberapa fitur menarik. Linspire menawarakan power, kestabilan, dan cost-saving penggunaan Linux digabungkan dengan kemudahan penggunaan Windows. Salah satu fitur yang menarik adalah Click-n-Run (CNR). Fitur ini menawarkan installasi beberapa aplikasi menarik seperti Google Earth, StarOffice, CrossOver Office, Cedega, dsb secara mudah, hanya dengan satu klik. Distro ini menggunakan desktop KDE secara default. Distro berbasis Ubuntu ini merupakan Distro berbayar. Harganya adalah US$ 49.95 untuk versi digital dan US$59.95 untuk versi box. Distro ini menggunakan desktop KDE secara default.

  • Freespire (free, http://www.freespire.org) Distro ini adalah versi free dari Distro Linspire. Sama dengan Linspire, Distro ini sangat mengedepankan kemudahan dengan tenaga dan kestabilan dari Linux. Distro ini terdiri dari dua versi : OSS, dan Non-OSS. Versi OSS tidak menyertakan beberapa format dan driver proprietary, sedangkan versi Non-OSS menyertakannya. Distro ini menggunakan desktop KDE secara default.

  • SimplyMEPIS (free, http://www.mepis.org) Merupakan Distro yang sangat cocok digunakan untuk desktop dan laptop dengan kemudahaan desktopnya dan dukungannya terhadap driver proprietary. Distro berbasis Debian ini dibuat oleh Warren Wordford. Distribusinya tersedia dalam sebuah LiveCD yang dapat anda installkan ke komputer anda. Jadi, anda dapat mencobanya terlebih dahulu sebelum anda menginstallnya ke komputer anda. Distro ini menggunakan desktop KDE secara default.

  • PCLinuxOS (free, http://www.pclinuxos.com) Merupakan sebuah Distro Linux berbasis Mandriva yang dikhususkan untuk penggunaa desktop. Sama dengan SimplyMEPIS, distribusi dari PCLinuxOS tersedia dalam sebuah LiveCD yang bisa diinstallkan ke komputer anda. Distro ini menggabungkan kemudahan penggunaan desktop berbasis Mandriva dan kehandalam manajemen paket yang menggunakan APT (sama seperti Debian). Distro ini menggunakan desktop KDE secara default.

  • Ubuntu (free, http://www.ubuntu.com) Pasti dari anda sudah pernah mendengar distro ini. Nah, distro ini merupakan distro TOP OF THE TOP saat ini menurut www.distrowatch.com. Distro yang dikembangkan sangat serius oleh perusahaan Canonical, ltd ini sangat mudah digunakan dan mudah di install. Dan bahkan, pada versi terbarunya (8.04 LTS), distro ini bisa diinstall dari Windows tanpa menganggu partisi Windows anda. Distro turunan Debian ini juga menyediakan dukungan yang bersifat komunitas (melalui forum) dan komersial (berbayar). Nilai tambahnya lagi, anda bisa mendapatkan CD distribusi dari distro ini melalui pos TANPA ADA SEDIKIT BIAYA APAPUN. Distro yang menggunakan GNOME sebagai desktop defaultnya ini memiliki beberapa turunan :

  • Xandros (berbayar, http://www.xandros.com) Distro ini merupakan distro berbayar berbasiskan Debian yang cukup sukses saat ini. Distro ini selain ditujukan untuk kebutuhan desktop rumahan, juga banyak digunakan di lingkungan korporat dan server jaringan. Distro ini sangat mudah diinstall dengan desktop KDE nya yang mudah digunakan. Selain itu, disertakan pula aplikasi CrossOver Office yang berguna untuk menginstall aplikasi Windows secara mudah. Xandros terdiri dari beberapa versi :

    • Xandros Home Edition dengan harga US$39.99

    • Xandros Home Edition Premium dengan harga US$ 79.99

    • Xandors Bussiness dengan harga US$ 99.99

    • Xandros Server dengan harga US$ 449.99

    • Xandros Education dengan harga sesuai dengan yang ditentukan tim sales.

DISTRO UNTUK PENGGUNA YANG SUDAH PERNAH MENGGUNAKAN LINUX

Berikut merupakan syarat untuk distro untuk pengguna yang sudah pernah menggunakan Linux sebelumnya :

  • Memiliki dukungan hardware yang lumayan

  • Dapat diinstall secara mudah walaupun tidak semudah distro khusus desktop.

  • User interface yang menarik namun tidak perlu menyembunyikan detail tertentu.

  • Memiliki banyak fitur namun tidak mengharuskan penggunanya untuk digunakan, sepert fitur 3D Desktop, LDAP, dsb.

  • Memiliki repository (sumber paket untuk diinstall) yang sangat lengkap, dimana aplikasi yang umum digunakan harus tersedia. Repository tidak mesti didistribusikan melalui CD/DVD tetapi bisa juga Online melalui Internet. Repository juga bisa menyertakan software / pustaka non-OSS tetapi dengan persetujuan penggunanya terlebih dahulu.

  • Aplikasi proprietary, non-free atau codec proprietary bisa diinstall melalui repository, tidak harus disertakan dalam installer.

  • Datang dengan aplikasi yang cukup lengkap.

  • Memiliki frekuensi rilis yang masuk akal.

Beberapa Distro yang memenuhi syarat di atas antara lain :

  • Fedora (free, http://www.fedoraproject.org)

    Distro ini merupakan turunan dan penerus dari distro Redhat yang kini menjadi distro komersial. Distro ini cocok untuk kalangan yang ingin menggunakan Redhat tanpa perlu membeli RHEL (Redhat Enterprise Linux). Tujuan dari proyek Distro Fedora ini adalah yang komplit dan general purpose. Dengan demikian, kita dapat menggunakan Fedora untuk keperluan apa saja seperti Server, Desktop, Workstation, dsb. Distribusi distro ini terdapat dua jenis, yaitu Installer DVD dan Live CD. Installer DVD berisi hampir semua aplikasi / pustaka Linux yang banyak dibutuhkan. Sedangkan LiveCD, menawarkan deskop yang bisa dicoba terlebih dahulu lewat CD dan jika anda puas, anda bisa menginstallkannya ke komputer anda. Untuk beberapa format multimedia proprietary, secara default Fedora tidak menyertakannya. Tetapi anda bisa menginstallnya dengan mudah melalui aplikasi Codec Buddy.

  • Mandriva Linux (free, http://www.mandrivalinux.com) Merupakan Distro yang bisa digunakan untuk desktop dan juga bersifat general purpose, jadi anda bisa menggunakannya untuk keperluan apa saja. Distro ini yang berbasis Red Hat ini memiliki beberapa versi yaitu :

    • Mandrivalinux One, sebuah versi LiveCD yang bisa anda install ke komputer anda. Secara default menyertakan beberapa aplikasi / pustaka non-free.

    • Mandrivalinux Free, sebuah versi installer yang sudah menyertakan aplikasi / pustaka yang lengkap untuk membangun sesuatu dengan Linux. Versi ini tidak menyertakan aplikasi / pustaka non-free.

    • Mandrivalinux Powerpack, sebuah versi yang hampir sama dengan Mandriva Free tetapi dengan penambahan suport komersial, aplikasi komersial, dan driver proprietary. Versi ini merupakan versi berbayar, memiliki beberapa seri antara lain :

      • Mandrivalinux Discovery, dengan harga US$45 (box) atau US$39 (download).

      • Mandrivalinux Powerpack, dengan harga US$85 (box) atau US$76 (download).

      • Mandrivalinux Powerpack+, dengan harga US$205 (box) atau US$184 (download).

  • openSuSE (free, http://www.opensuse.org)

    Merupakan distro versi komunitas dari distro komersial SLE (SuSE Linux Enterprise). Distro ini disponsori oleh Novell. Distro ini merupakan distro desktop yang sangat mudah dan juga distro general purpose, anda bisa membangun apa saja dengan distro ini. Nilai tambah dari distro ini adalah tersedianya Control Center lengkap yang bernama YaST2. Distribusi dari distro ini ada dua, yaitu LiveCD dan Installer DVD.

DISTRO UNTUK ORANG YANG TERBIASA MENGGUNAKAN LINUX

Berikut merupakan syarat distro untuk orang yang terbiasa menggunakan Linux :

  • Installasi tidak harus menggunakan mode GUI, boleh saja menggunakan mode text.

  • Datang dengan aplikasi / pustaka yang lengkap. Namun, tidak semuanya mesti di install. Misalnya paket desktop atau office-nya dihilangkan.

  • Pesan pada saat melakukan booting secara default terlihat, tetapi boleh juga dihilangkan.

  • Tersedia pustaka development yang lengkap.

  • Membutuhkan repository paket yang selengkap – lengkapnya.

  • Bisa disulap menjadi distro yang mudah digunakan oleh pemula.

  • Memiliki turunan yang sangat banyak.

Berikut merupakan distro yang memenuhi syarat di atas :

  • Debian GNU/Linux (free, http://www.debian.org)

    Merupakan distro bersifat komunitas yang sangat populer dan dijadikan basis untuk banyak distro seperti Ubuntu, SimplyMEPIS, Linspire, Dreamlinux, dll. Distro ini pertama kali dibuat oleh Ian Murdock pada tahun 1993. Distro ini terkenal dengan kehandalan dalam penggunaan manajemen paket yang bernama APT. Distro dengan dukungan komunitas ini dikenal sangat stabil dan sangat handal dalam berbagai keperluan seperti Desktop, Server, Terminal, Workstation, dan masih banyak lagi. Distribusi dari distro ini terdiri dari Installer 21 CD atau 3 DVD (Versi 4.0etch).

  • Gentoo (free, http://www.gentoo.org)

    Merupakan distro yang sangat populer dan sangat handal. Distro ini menawarkan manajemen paket yang bernama ebuild. Distribusinya tersedia dalam bentuk LiveCD yang dapat di install. Anda bisa menambahkan paketnya melalui repository yang tersedia secara online.

  • Slackware (free, http://www.slackware.com)

    Distro ini adalah distro yang tertua yang di-maintain sangat baik sampai saat ini. Distro ini terkenal dengan keringanannya, sehingga penggunaan resource komputer tidak sebesar distro lainnya. Distro ini juga memiliki banyak turunan seperti : SLAX, KLAX, Zenwalk, Zencafe, Zenedu, dll.

DISTRO UNTUK KEBUTUHAN KHUSUS

Berikut adalah beberapa Distro yang digunakan untuk keperluan Khusus, seperti Multimedia, Firewall, dan Pendidikan :

Untuk Multimedia :

Untuk Firewall / Router :

Untuk Pendidikan :

BEBERAPA DISTRO MENARIK

Selain distro – distro tersebut, terdapat juga beberapa distro yang menarik dan bisa juga dicoba. Distro ini biasanya melengkapi distro – distro besar yang sudah dibahas tadi.

  • KNOPPIX (www.knoppix.org)

    Distro ini merupakan distro LiveCD (Bisa dijalankan dari LiveCD sebelum diinstall) yang pertama ada. Walaupun sudah digeser posisinya oleh beberapa distro besar yang sudah menyediakan versi LiveCD, tetapi distro ini patut dicoba karena kecepatannya. Distro ini merupakan turunan dari distro Debian GNU/Linux.

  • DamnSmallLinux (www.damnsmalllinux.com)

    Distro ini merupakan distro LiveCD yang sangat minimalis dan ringan, namun datang dengan aplikasi yang cukup untuk keperluan anda sehari – hari. Distro ini bisa diinstall di dalam Flashdisk 128MB. Distro ini merupakan turunan dari Distro KNOPPIX.

  • Sabayon Linux (www.sabayon.com)

    Bagi anda yang fanatik dengan desktop Linux, jangan lewatkan distro ini. Distro yang berbasis Gentoo ini memiliki aplikasi dan pustaka yang cukup lengkap serta kemudahaan dalam penggunaan desktopnya.

  • Zenwalk (www.zenwalk.com)

    Anda ingin desktop yang minimalis berbasis Xfce, gunakan distro ini. Distro yang berbasiskan Slackware ini memiliki desktop yang sederhana namun dengan koleksi aplikasi yang cukup lengkap untuk digunakan dalam penggunaan sehari - hari.

  • Dan masih banyak lagi

Setelah membaca distro ini, apakah anda sudah mendapatkan distro yang pas untuk anda. Jika sudah, Selamat! Jika belum, anda bisa memilih distro yang paling banyak digunakan oleh pengguna seperti Ubuntu, openSuSE, PCLinuxOS, Mandriva, dsb. Anda bisa melihat www.distrowatch.com untuk informasi lengkap mengenai distro – distro yang ada saat ini.

Bibliography :

  • Infolinux edisi 03/2007

1 komentar:

  1. wow..keren nie artikelnya..lengkap bener penjelasan ttg distro linux..dapet pencerahan utk memilih distro linux yg akan dipakai,..:D

    BalasHapus