Jumat, 11 Juli 2008

DESKTOP DI LINUX

Tidak seperti di Windows yang hanya menyediakan satu jenis Desktop, di Linux, anda akan menemui banyak sekali Desktop. Ini merupakan kelebihan dari Linux, sehingga anda bisa memilih desktop mana yang cocok anda gunakan dan fasilitasnya sesuai yang anda inginkan.

Nah, jika anda masih kebingungan dengan banyaknya desktop yang ada di berbagai distro Linux, di artikel ini saya akan membahas mengenai desktop – desktop yang ada di Linux.

Agar yang dibahas tidak terlalu banyak, disini hanya akan dibahas 3 jenis desktop utama yang sering digunakan oleh pengguna. Ketiga desktop tersebut adalah : KDE (K Desktop Environment), GNOME (GNU Network Model Object Environment), dan Xfce. Semua desktop tersebut sudah tersedia di berbagai distro Linux.

KDE (K Desktop Environment, http://www.kde.org)

KDE merupakan desktop Linux yang banyak digunakan saat ini, desktop ini memiliki segmentasi pasar untuk orang yang menyukai desktop yang mudah dikonfigurasi dan dengan aplikasi yang sangat lengkap. Ini ditandai dengan banyaknya aplikasi (dan hampir semua jenis aplikasi ada disini) serta konfigurasi desktop yang sampai hal – hal yang kecil seperti kelakuan window pada saat di double klik.Desktop ini menggunakan pustaka QT (bukan QuickTime) sebagai pustaka grafisnya, sehingga aplikasi yang berbasis QT akan bisa menyesuaikan diri dengan desktop KDE.Tema untuk desktop KDE juga sangat banyak, anda bisa mendapatkannya di situs http://www.kde-look.org. Disana sudah tersedia berbagai macam tema untuk berbagai aspek di desktop KDE seperti Icon, Window, Mouse Pointer, Style, dsb.Berikut adalah aplikasi penyerta dari desktop KDE :

  • Koffice : merupakan paket aplikasi Office Suite ringan berbasis KDE yang sangat lengkap. Terdiri dari : Kword, Kspread, Kpresenter, dll.

  • Kdemultimedia : merupakan paket aplikasi Multimedia berbasis KDE. Terdiri dari : Noatun, Kaaboodle, Krec, dll.

  • Kdeutils : merupakan paket Accessories dan Utilities berbasis KDE. Terdiri dari : Kedit, Kwrite, Kcalc, Konsole dll.

  • Kdegrpahics : merupakan paket aplikasi grafis berbasis KDE. Terdiri dari : Kuickshow, Kpaint, dll.

  • Kdenetwork : merupakan paket aplikasi jaringan berbasis KDE. Terdiri dari : Kppp, Konqueror, Kmail, Kopete, dll.

  • Kdepim : merupakan aplikasi Personal Information Manager (PIM) berbasis KDE. Terdiri dari : Kalarm, Kontact, Kadressbook, dll.

  • Kdevel : merupakan paket aplikasi developemnet (pengembangan software). Terdiri dari : Kdevelop, Kommander, dll.

  • Dan masih banyak lagi.

Saat ini terdapat dua versi mayor dari KDE, yaitu KDE 3.5 dan KDE 4.0. KDE 4.0 baru saja dirilis pada bulan Januari, 2008. Pada KDE 4.0, banyak sekali terdapat pembaharuan dari versi sebelumnya. Untuk infonya, silahkan lihat http://www.kde.orgKDE juga sangat cocok bagi pengguna yang baru mengenal Linux, setelah sebelumnya menggunakan Windows. Tetapi, KDE tidaklah cocok bagi orang yang menginginkan kesederhaan desktop atau orang yang baru mengenal komputer karena bisa dianggap terlalu kompleks.

GNOME (GNU Network Model Object Environment, http://www.gnome.org)

GNOME merupakan desktop yang banyak digunakan saat ini selain KDE. Tidak seperti KDE yang mengedepankan kelengkapan konfigurasi, di GNOME malah mengutamakan kesederhanaan dalam konfigurasi. Karena saking sederhananya, anda tidak perlu menekan tombol OK atau Apply untuk menerapkan suatu konfigurasi pada desktopnya. Cukup satu klik, aplikasi langsung jalan.Jika KDE menggunakan QT, maka GNOME menggunakan pustaka grafis GTK2. GNOME juga tidak memiliki prinsip One Stop Shopping (Apa saja ada disini) seperti KDE. Maka dari itu, Aplikasi bawaan dari GNOME sangatlah sedikit jika dibandingkan Aplikasi bawaan KDE. Tetapi, untungnya banyak para pembuat software Aplikasi yang menggunakan pustaka GTK2 seperti GNOME. Sehingga boleh dikatakan bahwa aplikasi di KDE hampir ada penyamanya di GNOME.Tema untuk GNOME juga banyak tersedia, anda bisa memilihnya di http://www.gnome-look.org. Aspek yang bisa diubah temanya juga sama seperti KDE, yaitu Style, Window, Icon, dll.Berikut adalah aplikasi yang berbasis GNOME (Aplikasi ini tidak dikelompokkan karena GNOME menganut sistem modular) :

  • Abiword : Aplikasi Word Proccesing

  • Gnumeric : Aplikasi Spreadsheet

  • GIMP : Aplikasi Photo Editor

  • Inkscape : Aplikasi Vector Drawing

  • Nautilus : Aplikasi File Manager

  • Epiphany : Aplikasi Web Browser

  • Evolution : Aplikasi PIM dan Mail Client

  • Dan masih banyak lagi

Versi terakhir GNOME saat ini adalah versi 2.2x. Versi ini menawarkan fitur baru yang sangat banyak daripada versi pendahulunya, lihat www.gnome.org untuk hal ini.Tentu saja, bagi orang yang menginginkan kesederhanaan, desktop ini akan menjadi pilihan. Tetapi, bagi orang yang terbiasa dengan Windows dan menginginkan konfigurasi yang lengkap, Desktop ini tidak akan disukai. Karena banyak sekali perbedaan tata letak yang signifikan daripada Windows.

Xfce (http://www.xfce.org)

Apakah kedua desktop tadi masih terasa terlalu rumit?, dan Apakah kedua desktop tadi berjalan lambat di komputer anda? Nah, jika anda merasakan hal tersebut, anda bisa mencoba desktop yang satu ini.Ya, desktop berlambang Tikus ini bernama Xfce. Sesuai dengan lambangnya, Desktop ini sangat ringan sekali untuk anda gunakan, tidak memakan space yang telalu banyak dan tidak memberatkan komputer anda. Walaupun aplikasi bawaannya tergolong sedikit (Bisa dihitung dengan jari), tetapi desktop ini bisa diintregasikan dengan aplikasi GNOME (atau aplikasi berbasis GTK2) dengan serasi karena desktop ini juga menggunakan pustaka grafis GTK2. Jadi tema GNOME bisa anda install di desktop ini.Berikut adalah aplikasi penyerta dari desktop ini :

  • Mousepad : Editor text nan ringan

  • Thunar : File manager, simple abies!

  • Xarchiver : Manager file kompresi, tak terlalu macam pula!

  • Xfcd : Burner CD sane iying!

Walaupun ringan, desktop ini juga masih berbobot. Terutama jika anda tidak terlalu ingin banyak konfigurasi dan beragam fitur yang menurut anda tidak berguna. Masalah tema, gampang! Lihat saja di http://www.xfce-look.org.

KETERANGAN TAMBAHAN :

  • Anda masih bisa menggunakan aplikasi bawaan desktop tertentu dengan desktop lainnya jika anda merasa aplikasi tersebut lebih hebat. Jika pustaka grafis desktop tersebut sama, maka tema bisa disesuaikan. Jika tidak, maka tema akan tidak serasi. Seperti misalnya menjalankan aplikasi KDE di dalam GNOME. Aplikasi tersebut akan berbeda temanya dengan tema pada desktop GNOME.

  • Anda boleh saja menginstall lebih dari satu desktop pada komputer anda. Tetapi, ini tidak saya sarankan karena struktur menu menjadi kacak – kacakan karena semua aplikasi dari berbagai desktop akan menyatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar