Rabu, 30 Juli 2008

BAGAIMANA MENJALANKAN PERINTAH DALAM MODE ROOT?

Beberapa pembaca dari blog ini masih kebingungan, apa sih yang dimaksud dengan mode root dan bagaimana menjalankannya?

Nah, disini saya menjelaskannya kembali. Root sebenarnya adalah pengguna yang bisa melakukan hal segala – galanya pada sistem (seperti diktator). Mode root berarti anda menjalankan perintah yang disebutkan pada blog dengan login terlebih dahulu sebagai root.

Untuk login ke user root di Debian GNU/Linux, anda bisa menggunakan perintah bernama “su” pada terminal. Berikut contohnya :

$ su
Password :
# _

Ingat, jangan sekali – kali mengetik perintah diawali dengan tanda $ atau #. Tanda $ menandakan bahwa anda berada di mode user biasa, dan tanda # berarti anda menjalankan perintah pada mode root. Sengaja penulis tulis agar anda mengetahui bahwa perintah yang diketik apakah harus dijalankan dalam mode root atau boleh digunakan di user mana saja.

Berbeda dengan Debian GNU/Linux. Pada Ubuntu, user root tidak bisa dibuka langsung melalui perintah “su” karena masalah keamanan. Untuk menjalankan perintah melalui mode root, anda diharuskan menambah perintah sudo sebelum perintah yang ingin anda jalankan. Contohnya :

$ sudo nano /etc/apt/sources.list

INGAT! Perintah sudo harus dijalankan pada user yang memiliki hak wewenang untuk melakukan administrator. User yang pertama kali anda buat pada saat installasi sistem operasi Ubuntu sudah memiliki wewenang ini.

Demikian sedikit penjelasan dari saya. Jika masih kebingungan, silahkan beri komentar pada blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar