Rabu, 04 Juni 2008

PRINTER SAYA GAK ADA DRIVERNYA, GIMANA NIH?

Anda pernah mengalami hal seperti ini? Jika pernah, apakah sudah mencari driver printer anda pada www.linuxprinting.org? Jika masih belum ketemu juga, berarti pihak vendor printer anda masih belum membuka spesifikasi printer anda. Anda bisa menunggu sampai pihak vendor memberikan source code drivernya atau para komunitas Open Source membuatnya sendiri.

“Apa? Menunggu kata lo?” Ya, kalau anda tidak bisa menunggu lama – lama karena hal tersebut penting sekali. Anda bisa menggunakan software satu ini, yaitu TurboPrint. Anda bisa mendownloadnya di website www.turboprint.de, cari yang sesuai dengan distro anda. Lalu installkan ke komputer anda.

Jika sudah, anda bisa membuka aplikasi TurboPrint Setup pada menu System >> TurboPrint-Setup (pada KDE) atau System >> Administration >> TurboPrint-Setup (pada GNOME). Masukkan password root dan anda akan bertemu dengan window seperti di bawah ini :



Silahkan colokkan port printer anda, dan daftarkan printer anda dengan menekan tombol “Add”



Pada Window yang baru muncul, silahkan pilih Merek dan seri printer anda. Jika sudah, klik OK!



Pada Window tersebut, tentukan nama pendek dari printer anda pada “Short Name”, Nama konfigurasi printer pada “Config Name”, Koneksi Printer di “Connection”, serta lokasi port/device/address/sharing pada bagian dibawah “Connection” (tergantung connection yang anda pilih). Setelah semua dirasa benar, klik OK!
Lakukan test dengan klik pada tombol testpage, jika berhasil maka Good Luck!

Namun, aplikasi TurboPrint ini bersifat Shareware. Penggunaannya dibatasi hanya pada kualitas normal dan kertas biasa. Jika anda ingin lebih, anda diharuskan membelinya. Begitu juga kalau anda menggunakannya untuk kepentingan diluar kepentingan pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar