Rabu, 04 Juni 2008

MENGINSTALL SERVER GAME ONLINE PADA DEBIAN

Game Online merupakan layanan yang pasti disukai oleh banyak orang saat ini. Dengan layanan ini, kita bisa bermain game dengan orang yang berada di jauh sana sambil kita ngobrol atau chatting dengan orang tersebut.

Agar kita bisa membuka layanan Game Online. Pada Linux, tersedia sebuah Server Game Online yang sangat menarik. Game Online Server ini bernama GGZ. GGZ memiliki banyak game, seperti Bridge, Catur, Tic-Tac-Toe, Pocker, Checkers, dan lain sebagainya.

Berikut adalah cara melakukan installasi GGZ pada Debian (Untuk distro lain, silahkan install melalui paket source. Cari saja di Google) :

  • Buka terminal console di desktop atau real console (dengan menekan Ctrl+Alt+F1) dan login sebagai root
    $ su
    Password:
    #_

  • Install paket GGZ dengan perintah sbb :
    # apt-get install ggz-game-servers ggzd

  • Jalankan layanan GGZ
    # /etc/init.d/ggzd start

Jika sudah, maka server GGZ sudah berhasil berjalan. Untuk bermain menggunakan GGZ, anda harus menginstall paket client pada masing – masing client. Untuk GTK, anda bisa menginstall dua paket ggz-gtk-client dan ggz-gtk-games :
# apt-get install ggz-gtk-client ggz-gtk-games
Setelah selesai diinstall, jalankan program tersebut (Internet >> ggz-gtk). Tentukan servernya (sesuai dengan IP addres server) dan nomor portnya (default=5688). Setelah login, maka game online bisa digunakan. Silahkan telusuri sendiri fasiltasnya sendiri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar