Rabu, 04 Juni 2008

MENGCOPY FILE DARI CLIENT SSH KE SERVER SSH

SSH (Secure Shell) sangat berguna sekali untuk melakukan administrasi remote pada Linux. Jadi anda bisa mengadministrasi suatu server yang jaraknya jauh tanpa perlu ke tempat dimana server tersebut berada. Tidak seperti Remote Administration lainnya seperti VNC, SSH sangat ringan digunakan karena hanya akan menampilkan lingkungan berbasis text seperti pada terminal console.

Beberapa dari anda pasti pernah mengalami suatu pengalaman mengadministrasi SSH “Bagaimana caranya agar file saya disini bisa dikirim ke server?”. Anda tidak perlu susah – susah mengirim file ke online file management atau mengirim attachment ke diri sendiri agar bisa mengirim file tersebut. Cukup ikuti langkah mudah di bawah ini :

Anda bisa gunakan perintah scp yang sudah disertakan oleh SSH Client anda. Perintah ini anda jalankan TIDAK pada saat anda berada di sesi server, namun dijalankan pada saat anda berada di sesi client. Berikut contoh mengcopy file /home/wira/bukutamu.php di client ke server di /var/www/ (Jalankan di console pada mode biasa atau root)
# scp /home/wira/buktamu.php root@wirama.com:/var/www
Password:
#_
Anda akan ditanyakan password untuk melakukan peng-copyan terlebih dahulu, tentunya. Jika tidak ada pesan error, berarti anda telah berhasil melakukan peng-copyan file ke server SSH anda. Mudah khan?

Untuk alat bantu, anda bisa gunakan secpanel pada Linux atau Winscp pada Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar