Senin, 30 Juni 2008

INSTALLASI DRIVER VGA NVIDIA

Secara default, driver NVIDIA yang disertakan pada Debian atau Ubuntu (nv) tidak memiliki fitur OpenGL. Jadi, Game berbasis 3D tidak akan berjalan baik dan bahkan Compiz Fusion tidak bisa jalan.

Agar bisa mengaktifkan fitur OpenGL tersebut, anda harus menginstal driver proprietary dari NVIDIA untuk Linux yang sudah disediakan oleh pihak NVIDIA pada Download Center.

Berikut adalah langkah – langkahnya :

  1. Download Driver NVIDIA untuk Linux sesuai dengan Merk GPU serta Arsitektur Komputer yang anda miliki pada dari Website resmi NVIDIA (www.nvidia.com). Sebagai Contoh, penulis menggunakan Komputer arsitektur x86 dengan GPU NVIDIA GeForce MX.

  2. Setelah mendapatkan file *.run yang anda download tadi, buka real console dengan tombol Ctrl + Alt + F1, login sebagai root dan ubah hak akses file tersebut agar bisa dieksekusi dengan perintah sbb (Sesuaikan huruf yang dicetak tebal dengan nama file yang anda dapatkan) :
    # chmod +x NVIDIA-Linux-x86-96.43.05-pkg1.run

  3. Sebelum menjalankan installer, terlebih dahulu anda perlu menginstall paket yang dibutuhkan dalam kompilasi driver dan kernel serta Development dari X.org. Anda bisa gunakan perintah berikut (Sesuaikan huruf yang dicetak tebal dengan versi kernel yang anda gunakan) :
    # apt-get linux-headers-2.6.18-4-486 build-essential xserver-xorg-dev

  4. Matikan mode grafis atau X server. Jika anda menggunakan Display Manager GDM, anda bisa menggunakan perintah sbb :
    # /etc/init.d/gdm stop
    Atau jika menggunakan KDM, bisa gunakan perintah sbb :
    # /etc/init.d/kdm stop

    INGAT! Simpan data penting anda terlebih dahulu dengan menekan Ctrl + Alt + F7.

  5. Barulah sekarang anda menjalankan installer dengan perintah sbb (Sesuaikan huruf yang dicetak tebal dengan nama file yang anda dapatkan) :
    # ./NVIDIA-Linux-x86-96.43.05-pkg1.run

NVIDIA Accelerated Graphics Driver for Linux-x86 (96.43.05)

Please read the following LICENSE and then Select “Accept” to accept the license and Continue with the installation, or select “Do not Accept” to abort the installation.

Accept Do not Accept

License For Customer Use of NVIDIA Software

IMPORTANT NOTICE -- READ CAREFULLY: This License For Customer Use of
NVIDIA Software ("LICENSE") is the agreement which governs use of
the software of NVIDIA Corporation and its subsidiaries ("NVIDIA")
downloadable herefrom, including computer software and associated
printed materials ("SOFTWARE"). By downloading, installing, copying,
or otherwise using the SOFTWARE, you agree to be bound by the terms
of this LICENSE. If you do not agree to the terms of this LICENSE,
do not download the SOFTWARE.

NVIDIA Software License

    Baca lisensi tersebut baik – baik. Gunakan tombol Page Down untuk membaca bagian bawahnya. Jika anda setuju, Pilih Accept. Gunakan tombol arah untuk memilih dan enter untuk melaksanakan pilihan tersebut.

  1. Setelah itu, Installer akan menanyakan apakah akan mendownload driver yang sudah di-compile sesuai dengan kernel anda pada server NVIDIA. Jika anda tidak memiliki koneksi Internet, anda bisa memilih No. Maka akan muncul keterangan bahwa installer akan melakukan kompilasi driver terhadap kernel. Pilih saja OK.

  2. Tunggu sebentar, installer melakukan kompilasi driver terhadap kernel serta melakukan installasi driver.

  3. Jika installer selesai melakukan installasi, maka installer akan menanyakan apakah konfigurasi X server akan di update agar driver bisa digunakan. Anda bisa memilih Yes.

  4. Installasi dari Driver NVIDIA telah selesai, anda bisa memilih OK

  5. Jika sudah kembali ke console, anda bisa menjalankan kembali Display Manager. Jika anda menggunakan GDM, anda bisa gunakan perintah sbb :
    # /etc/init.d/gdm start
    Atau, jika anda menggunakan KDM, anda bisa gunakan perintah sbb :
    # /etc/init.d/kdm start

  6. Jika Display Manager berhasil ditampilkan dengan baik (biasanya ditandai dengan munculnya lambang NVIDIA), maka Good Luck! Jika belum, anda bisa membaca petunjuk dari driver NVIDIA pada /usr/share/doc/NVIDIA_GLX-1.0/README.txt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar